Skip to main content

REVIEW BUKU : TRIK PENGARUHI SESEORANG BERDASARKAN KARAKTER & KEPRIBADIANNYA

Cover Buku Trik Pengaruhi Seseorang Berdasarkan Karakter & Kepribadiannya
Bahan Bacaan yang ditawarkan di Buku Trik Pengaruhi Seseorang Berdasarkan Karakter & Kepribadiannya














Judul : Trik Pengaruhi Seseorang Berdasarkan Karakter & Kepribadiannya
Penulis : RR Prima Purnama Sari, S.Psi
Genre : Psikologi
Penerbit : Notebook
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : 203 halaman
No ISBN : 978-602-288-198-8
Harga Buku : 40.500 Rupiah (parcelbuku.net)


Cerita Singkat :

Karakter seperti yang kita tahu adalah sebuah sifat/ciri khas makhluk hidup yang dibawa sejak lahir, namun dalam perkembangannya karakter seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.  Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat saat kita berkomunikasi dengan orang lain yang biasanya disebut dengan sifat asertif.

Asertif adalah kemampuan seseorang dalam mengekspresikan hak, pendapat, pikiran, perasaan, dan kepercayaannya secara langsung dengan penuh rasa jujur, terhormat dan tidak mengganggu orang lain.  Nah, dengan sifat asertif, kita bisa terhindar/meminimalisir dari perkataan-perkataan yang dapat melukai hati orang lain.  Tentu perbedaan pandangan itu biasa, namun jangan sampai menimbulkan dendam/konflik yang berkepanjangan layaknya sumbu mercon yang lama kelamaan akan habis jika disulut dan meledak.

Sang penulis ingin membeberkan masalah asertif ini kepada khalayak umum dengan harapan bahwa pembaca dapat lebih mengenali diri sendiri, meningkatkan skill berkomunikasi, serta mengenali sekaligus “menaklukkan” orang lain.  Lulusan Jurusan Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini mencoba mengaplikasikan ilmunya dengan memberikan trik-trik simpel, sedikit ilustrasi dan cerita singkat yang relevan dengan hal tersebut dalam buku ini.


Yang Menarik :
  • Bisa sedikit memudahkan orang dalam “penaklukkan” orang lain, baik itu dalam keluarga, dengan teman, dan di pekerjaan.
  • Ada beberapa quote yang cukup bagus di akhir setiap sub-bab

Salah satu quote dalam buku ini
  • Ada highlight yang menunjukkan kalimat-kalimat penting

Highlight kalimat penting beserta ilustrasinya

Yang Terasa Kurang :
  • Judul dengan isinya kurang sesuai secara utuh
  • Seharusnya setiap tulisan dibagi sesuai dengan temanya agar lebih fokus, misal tema tentang pekerjaan, keluarga, dsb
  • Judul kurang menarik




Comments

Popular posts from this blog

MIKIR JERNIH : THE INTERNATIONAL 2018 – A CINDERELLA STORY FROM OG (PART 2 : FINALS)

PUISI : AL MU'MIN (YANG MAHA MENGAMANKAN)

Meskipun bumi ini tak ada pijakannya Melainkan terletak di ruangan hampa Tapi syukur bisa kita berdiri Dan tidur senyenyak -nyenyaknya.
Meskipun matahari bisa menggeser tubuhnya Dan menindih keberadaan kita sampai tiada Tapi syukur ia yang tak punya pikir dan rasa Begitu patuh kepada hukum-hukum-Nya.
Meskipun malaikat bisa meraih bintang Dan melemparkannya beberapa ke kening kita Tapi syukur mereka hanya mengerjakan Hal yang diperintahkan oleh-Nya.
Meskipun roh kita teramat sulit diterka Bahkan hidup dengannya tanpa kenal rahasianya Tapi syukur rasa aman selalu kita dapatkan Cukup dengan mempercayai jaminan-Nya
Biji buah kepercayaan itu, saudaraku Ingin kutabur dan kutanam Pada pagi, pada siang, sore dan malam Agar tumbuh menjadi pepohonan Yang sulur dahan dan daun-daunnya Merambat ke pintu sorga.

Dikutip dari buku "Syair-Syair Asmaul Husna" Karya "Emha Ainun Nadjib"

PUISI : AL BASHIR (YANG MAHA MELIHAT)

Tiada hal yang perlu kuperlihatkan kepada-Mu, Gustiku, Karena Engkau adalah Melihat itu sendiri, dan kalaupun aku bermaksud memperlihatkan sesuatu kepada-Mu, maka daya memperlihatkan itu pun tak lain adalah milik-Mu
Tiada hal yang perlu kusembunyikan dari-Mu, Gustiku, karena setiap ruang persembunyian niscaya milik-Mu jua, dan kalaupun sesekali aku berusaha menyembunyikan sesuatu maka daya menyembunyikan itu hanyalah hasil pencurianku atas hukum-Mu
Pernah kupasang topeng-topeng di wajahku, kulapiskan pakaian di badanku, kubungkuskan kepura-puraan  dihamburan kata-kata dan tingkah lakuku
Namun selalu, Gustiku, diujung kepengecutan itu, akhirnya kutahu, bahwa kalau diantara selaksa kemungkinan ilmu-Mu, Engkau sediakan juga topeng-topeng penipu, tak lain itu adalah petunjuk agar aku berjuang melepaskan dan mencampakannya : Supaya aku peroleh Engkau Di akhir pengembaraanku.
Dikutip dari buku "Syair-Syair Asmaul Husna" Karya "Emha Ainun Nadjib"