Skip to main content

REVIEW BUKU : THE LIFE-CHANGING MAGIC OF TIDYING UP

Cover Buku The Life-Changing Magic Of Tidying Up
Sinopsis Buku The Life-Changing Magic Of Tidying Up

Judul : The Life-Changing Magic Of Tidying Up
Penulis : Marie Kondo
Genre : Inspirasi
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2016
Tebal Buku : 206 halaman
No ISBN : 978-602-291-244-6
Harga Buku : 54.000 Rupiah (gramedia.com) 

Cerita Singkat :
 
Hanya dengan beres-beres rumah bisa merubah hidupmu? Tentu sebuah tawaran yang sungguh menggiurkan layaknya iklan-iklan di televisi, tapi apa benar? Kita lihat ulasan sedikit tentang penulis buku ini yang berani menjanjikan seperti itu.

Marie Kondo adalah konsultan kerapian asal Jepang sekaligus penulis buku dengan tema serupa.  Dia memperkenalkan sebuah metode merapikan yang ampuh dan sekarang cukup populer di Jepang bernama KonMari, sampai dibuatlah sebuah tv program bernama Tidy up with KonMari!

Jika kita lihat negara Jepang, dengan tata kota yang apik dan rapi, tentu kita tidak mengira kalau zaman dahulu, banyak orang Jepang pun melalui proses yang tidak mudah dalam merapikan isi dalam rumah. Nah, metode KonMari ini menjawab semuanya. Tentunya metode ini bukan hanya untuk orang Jepang saja, namun seluruh dunia pun bisa mempraktekannya, terlihat dari buku ini terjual sampai 5 juta kopi di seluruh dunia, Amazing bukan???

Dalam buku ini, dimulai dengan menjelaskan kenapa sih kamu susah sekali menjaga kerapian rumah sampai keajaiban-keajaiban yang terjadi saat kegiatan berbenah telah usai.  Tidak lupa, hal yang terpenting dari buku ini adalah tips & trik dalam berbenah, mulai dari proses seleksi barang yang akan dibuang secara sekaligus, hingga memisahkan barang-barang sesuai kategorinya masing.  Tidak hanya soal pengklasifikasian barang, namun juga mengenai penempatan barang dan penataan lingkungan pun dijelaskannya secara rinci. 


Output yang diharapkan setelah kalian mbaca buku ini (myparent-think.blogspot.com)


Nah, cukup menarik bukan? Oh ya, karena Marie Kondo juga sudah menjadi expert disana, tentu ada cerita-cerita unik mengenai klien-klien yang telah dia tangani.  Oke, baca, lalu ubahlah hidupmu dengan berbenah!!!

Yang Menarik : 
  • Jika kamu bisa melakukannya dengan baik, bisa benar-benar merubah hidupmu 
  • Gaya penulisannya santai
  • Sudah terbukti di Jepang, negeri yang terkenal dengan kerapiannya bahkan bisa lebih rapi berkat metode ini

Yang Terasa Kurang :  
  • Tidak ada contoh gambar/ilustrasi yang menceritakan bagaimana sebelum dan sesudah menggunakan metode KonMari sehingga pembaca hanya bisa berangan-angan sendiri

Comments

Popular posts from this blog

MIKIR JERNIH : THE INTERNATIONAL 2018 – A CINDERELLA STORY FROM OG (PART 2 : FINALS)

PUISI : AL MU'MIN (YANG MAHA MENGAMANKAN)

Meskipun bumi ini tak ada pijakannya Melainkan terletak di ruangan hampa Tapi syukur bisa kita berdiri Dan tidur senyenyak -nyenyaknya.
Meskipun matahari bisa menggeser tubuhnya Dan menindih keberadaan kita sampai tiada Tapi syukur ia yang tak punya pikir dan rasa Begitu patuh kepada hukum-hukum-Nya.
Meskipun malaikat bisa meraih bintang Dan melemparkannya beberapa ke kening kita Tapi syukur mereka hanya mengerjakan Hal yang diperintahkan oleh-Nya.
Meskipun roh kita teramat sulit diterka Bahkan hidup dengannya tanpa kenal rahasianya Tapi syukur rasa aman selalu kita dapatkan Cukup dengan mempercayai jaminan-Nya
Biji buah kepercayaan itu, saudaraku Ingin kutabur dan kutanam Pada pagi, pada siang, sore dan malam Agar tumbuh menjadi pepohonan Yang sulur dahan dan daun-daunnya Merambat ke pintu sorga.

Dikutip dari buku "Syair-Syair Asmaul Husna" Karya "Emha Ainun Nadjib"

PUISI : AL BASHIR (YANG MAHA MELIHAT)

Tiada hal yang perlu kuperlihatkan kepada-Mu, Gustiku, Karena Engkau adalah Melihat itu sendiri, dan kalaupun aku bermaksud memperlihatkan sesuatu kepada-Mu, maka daya memperlihatkan itu pun tak lain adalah milik-Mu
Tiada hal yang perlu kusembunyikan dari-Mu, Gustiku, karena setiap ruang persembunyian niscaya milik-Mu jua, dan kalaupun sesekali aku berusaha menyembunyikan sesuatu maka daya menyembunyikan itu hanyalah hasil pencurianku atas hukum-Mu
Pernah kupasang topeng-topeng di wajahku, kulapiskan pakaian di badanku, kubungkuskan kepura-puraan  dihamburan kata-kata dan tingkah lakuku
Namun selalu, Gustiku, diujung kepengecutan itu, akhirnya kutahu, bahwa kalau diantara selaksa kemungkinan ilmu-Mu, Engkau sediakan juga topeng-topeng penipu, tak lain itu adalah petunjuk agar aku berjuang melepaskan dan mencampakannya : Supaya aku peroleh Engkau Di akhir pengembaraanku.
Dikutip dari buku "Syair-Syair Asmaul Husna" Karya "Emha Ainun Nadjib"