
Judul : PR WAR
Penulis : Firsan
Nova
Genre : Komunikasi
Penerbit : Gramedia
Widiasarana Indonesia (Grasindo)
Tahun Terbit : 2014
Tebal Buku : 302
halaman
No ISBN : 978-602-251-439-8
Harga Buku : 58.000
Rupiah diskon 15% jadi 49.300 (bukukita.com)
Cerita Singkat :
Gelembung bias
Gelembung bias
Istilah
teknologi
Membuat
persepsi
Setiap
orang terkunci
Yang
disukai
Muncul
di permukaan
Yang
dibenci
Hilang
dari peradaban
Membentuk
kata-kata
Yang
mampu dipercaya
Itulah
kunci media
Menggaet
pemirsa
![]() |
Salah satu quote di buku itu (dokpri) |
Sebuah
buku yang ditulis saat terjadi kegaduhan di publik yang melibatkan Indonesia,
seperti kasus penyadapan Australia kepada Indonesia, hingga konflik antara
Presiden SBY dengan media.
![]() |
Artikel tentang Presiden SBY yang sempat "tidak sepaham" dengan media (dokpri) |
Semua
berlomba-lomba membentuk media untuk memenangkan hati dan pikiran publik. Kita ambil contoh tentang Korea Utara (Korut)
yang “katanya” sedang mengalami krisis ekonomi sehingga berusaha memperbaiki
hubungan dengan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat.
Mereka
akhirnya menuruti permintaan kedua negara tersebut dengan menghancurkan
laboratorium nuklir mereka dengan disaksikan oleh berbagai media dari segala
penjuru dunia.
Dengan
harapan, Korut yang dulu tertutup dan terlihat menakutkan karena melakukan uji
coba dan berbagai ancaman nuklir mampu diterima berbagai negara sehingga
terjalinlah persahabatan serta hubungan dagang yang tentu juga menguntungkan
secara ekonomi bagi Korut.
Terlihat
Korut sadar bahwa kekuatan media yang sangat kuat mampu merubah persepsi terhadap
suatu bangsa. Walaupun ada info
berseliweran, lagi-lagi lewat media bahwa secara diam-diam masih ada
laboratorium nuklir lain di Korut.
Namun
diluar itu, lagi-lagi tentang perang propaganda. Siapa yang lebih dipercaya dan memiliki track
record baik akan lebih dipercaya publik.
Media sebagai entitas paling powerful tentu dituntut untuk
menggunakannya dengan bijak.
![]() |
Tanpa publisitas, maka tidak akan ada dukungan publik, dan tanpa dukungan publik, setiap negara akan hancur (dokpri) |
Nah, dalam buku ini dibahas banyak hal secara terperinci, mulai dari soal salah persepsi mengenai krisis, manajemen krisis, cara menaklukkan media serta mengendarai isu, hingga how to memenangkan simpati publik.
Buku
ini cocok untuk kalian sebagai pemimpin organisasi/perusahaan, maupun kalian
yang belajar ilmu komunikasi serta manajemen.
![]() |
Krisis yang bisa dimaknai berbeda (dokpri) |
Selamat membaca…
Yang Menarik :
- Banyak cerita pada zaman itu yang berhubungan dengan cara berkomunikasi tokoh-tokoh terkenal dunia serta akibat yang ditimbulkan ditampilkan pada buku ini
- Runtut, mulai dari teori sampai praktek, cara research hingga tips-tips sederhana dalam berkomunikasi dan menangani krisis
- Terdapat kode etik dari berbagai negara dan organisasi yang bisa dibandingkan batasan-batasannya
- Sosial media sebagai media paling berpengaruh juga diceritakan mengenai potensi dan cara memanfaatkannya
![]() |
Butuh 20 tahun untuk membangun sebuah reputasi, dan 5 menit untuk menghancurkannya. Jika kamu berpikir seperti itu, kamu akan melakukan sesuatu yang berbeda (dokpri) |
Comments
Post a Comment